Jika kita berbicara tentang keinginan melanjutkan kuliah diluar negeri maka kita pasti akan mengurus izin untuk tinggal selama masa kuliah di negara tersebut seperti Malaysia. Setiap negara mempunyai regulasi berbeda untuk urusan visa pelajar.

Perlu diketahui juga bahwa institusi pilihan Anda haruslah institusi yang telah mendapatkan izin dari Ministry of Home Affairs untuk menerima pelajar asing. Setelah Anda diterima, pihak universitas akan mengumpulkan Student Pass Application Form ke imigrasi untuk mendapatkan Student Pass untuk Anda, dimana Anda memerlukan Student Pass ini untuk masuk sebagai pelajar ke Malaysia. Anda juga perlu menyiapkan dokumen-dokumen di bawah ini dan mengumpulkannya kepada universitas Anda untuk kepentingan memohon Single Entry Visa dan Student Pass (pastikan Anda mengirimkan jumlah yang tepat untuk masing-masing dokumen.

  1. Pas foto ukuran paspor
  2. Scan semua halaman passpor dalam bentuk .pdf
  3. Surat dari Universitas pilihan Anda yang menyatakan Anda diterima masuk (Offer Letter)
  4. Surat keterangan berbadan sehat dan bebas narkoba (Medical Check Up)
  5. Konsulat tempat pengambilan Single Entry Visa(SEV) dan boleh juga kedutaan besar Malaysia untuk Indonesia

Sebagai salah satu negara tujuan kuliah yang sedang naik daun, sistem keimigrasian di Malaysia sangatlah cepat. Selebihnya lagi, biasanya pelajar akan diberikan pemberitahuan tentang status permohonan Single Entry Visa mereka dalam waktu satu bulan. Setelah itu Anda dan pihak Universitas masing-masing akan diberikan surat persetujuan permohonan dan Student Pass akan diberikan kepada Anda.

Sebelum Anda berangkat ke Malaysia

Sebulan sebelum anda berangkat ke Malaysia, pastikan bahwa anda telah mengirimkan semua berkas ke International Office melalui email untuk proses pembuatan Single Entry Visa. Setelah itu, Anda akan mendapatkan email dari pihak International Office kampus tujuan anda berupa surat dari pihak imigrasi untuk pengambilan Single Entry Visa di Konsulat atau kedutaan besar Malaysia untuk Indonesia.

Seperti yang telah dijelaskan diatas, Anda diperbolehkan masuk ke Malaysia jika anda telah mendapatkan Single Entry Visa dari Konsulat atau kedutaan besar Malaysia yang ada di Indonesia.

Setelah Anda tiba di Malaysia

Pelajar perlu menunjukan surat yang menyatakan bahwa permohonan Student Pass telah disetujui kepada imigrasi Malaysia, dimana surat ini akan menjadi referensi supaya departemen imigrasi akan menerbitkan dan menempelkan Student Pass ini ke paspor pelajar dalam waktu beberapa minggu kedepan. Pihak universitas akan mengurus proses ini untuk Anda.

Begitu selesai, paspor Anda akan dikembalikan kepada Anda. Student Pass harus diperbaharui setiap dua tahun dan dikenakan biaya perpanjangan sebesar RM50, sementara biaya untuk Student Pass bervariasi mulai dari RM15 hingga RM90 tergantung dari negara asal pelajar.

 Kendala

Jika Anda menemui kendala (seperti paspor Anda hilang atau memerlukan perpanjangan visa). Pertama-tama Anda harus menghubungi bagian layanan untuk pelajar asing di universitas Anda, dimana mereka akan membantu Anda. Jika Anda memerlukan perpanjangan Visa, Anda perlu memberitahu dua bulan sebelum visa Anda berakhir.

Oleh: Doni Ropawandi (Dept. Pendidikan dan Advokasi PPIM 2016/2017)

Recent News

Terhangat

Merchandise

Media Social

Facebook




Twitter

Instagram