Persatuan Pelajar Indonesia Malaysia (PPIM) adalah organisasi mahasiswa Indonesia di Malaysia yang telah berdiri sejak tahun 1998 melalui hasil musyawarah mufakat pertama di Universiti Malaya. PPIM berasaskan Undang-undang Dasar (UUD) 1945 dan berstatus sebagai satu-satunya organisasi mahasiswa independen terbesar di Malaysia. Anggota PPIM adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang terdaftar sebagai mahasiswa di universitas yang ada di Malaysia. Hingga saat ini anggota PPIM berjumlah sekitar 9700 mahasiswa dari berbagai strata akademik dengan pengurus aktif mencapai 116 orang, sedangkan cabang PPIM berjumlah 33 cabang yang tersebar di tanah Semenanjung, Sabah dan Sarawak.

Dalam operasionalnya, PPIM bekerjasama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia Kuala Lumpur (KBRI KL), Kementerian-kementerian dan Lembaga negara yang ada di Indonesia dan Malaysia. Walaupun demikian, PPI Malaysia juga memiliki hubungan erat dengan beberapa organisasi swasta seperti lembaga dan yayasan yang ada di Indonesia dan Malaysia. Salah satu yayasan yang menjadi rekan utama PPI Malaysia adalah Yayasan Raja Zarith Sofiah. Kemudian dalam koordinasinya, PPI Malaysia merupakan anggota dari PPI Dunia.

PPI Malaysia juga mempunyai beberapa akun di media sosial yang dapat dijangkau dengan mudah oleh pengguna media sosial. Diantaranya, Facebook, Twitter, Instagram serta Website dimana jumlah statistik pengunjung mencapai ribuan.

 

 

Visi PPIM:

Mewujudkan PPI Malaysia sebagai wadah yang mampu menampung aspirasi, tempat pembelajaran yang senantiasa bergerak ke arah yang lebih maju serta mengoptimalkan segala potensi untuk kearah yang positif.

Misi PPIM:

1. Membangun sistem kolaborasi yang efektif dan memperkuat hubungan antara PPI cabang dengan PPI Malaysia
2. Memfasilitasi untuk menciptakan hubungan yang kondusif untuk mengembangkan soft skill akademik atau non akademik
3. Pro aktif dengan relawan sosial
4. Sebagai tonggak pendukung pembangunan kajian-kajian ilmiah dan kreatifitas pelajar Indonesia di Malaysia

Terhangat