PPI Malaysia adalah wadah tunggal yang menaungi ribuan pelajar Indonesia dari berbagai strata pendidikan di Malaysia. Mulai dari diploma hingga pelajar postdoc yang terdaftar di kampus negeri dan swasta. Banyaknya jumlah pelajar Indonesia yang belajar di Malaysia tentu saja memiliki dinamika tersendiri. Berbagai hal dihadapi oleh para pelajar selama menyelesaikan studi nya, mulai dari akademik hingga non akademik, sehingga kehadiran PPIM memainkan peranan penting dalam menjaga kebajikan ribuan anggotanya tersebut. Sejauh ini PPI Malaysia memiliki 30-an cabang aktif yang tersebar di beberapa kampus Malaysia. Dalam operasional dan kegiatannya PPI di Malaysia aktif merangkul banyak pihak dari kedua negara guna bersama-sama membangun diri dan mengembangkan potensi, baik potensi akademik maupun non akademik.

PPI Malaysia mempunyai visi untuk menjadi pemuda Indonesia yang terdidik dan beradab, unggul dalam bidang akademik dan non akademik, dan paling penting adalah menjadi anak bangsa yang bermanfaat dan memberi manfaat. Sebagai pelajar, PPI Malaysia berkewajiban menjadi perhimpunan yang mampu mendorong anggotanya menjadi pelajar yang unggul dalam bidang akademik yang digeluti. Sebagai manusia-manusia muda Indonesia, PPI Malaysia harus bisa menempatkan diri sebagai inkubator bagi para aggotanya untuk menjadi pribadi yang tidak hanya berilmu tapi juga berbudi dan beradab. Tidak hanya memikirkan soal bagaimana kompetensi akademik bisa diraih dengan baik, tapi juga bagaimana potensi diri yang lain bisa dieksplorasi untuk pembangunan kapasitas diri, karena kita tahu bahwa setiap bangsa mempunyai tantangan yang dinamis dari waktu ke waktu,untuk itu perlu mempersiapkan pribadi-pribadi yang siap akan segala kemungkinan tersebut.

Disinilah pembangunan manusia menjadi penting. Bangsa muda Indonesia harus menjadi bangsa yang berkarakter kuat, bangga menjadi bagian dari Indonesia dan yakin dengan segala kemampuan diri yang ada. Untuk itu, PPI Malaysia harus bisa membawa paradigma saling menumbuhkan, saling mengembangkan, dan saling menguatkan. Itulah semangat gotong royong yang juga tertanam pada diri setiap pelajar Indonesia yang ada di Malaysia. Selanjutnya, sebagai tunas muda Indonesia yang mempunyai peluang besar di luar negeri untuk memberi kontribusi yang baik pada Indonesia secara keseluruhan, maka PPI Malaysia tidak lupa memposisikan dirinya sebagai bagian dari second track diplomasi Indonesia, bersama-sama secara sadar dan sukarela mengharumkan nama Indonesia di mata dunia terutama Malaysia melalui berbagai upaya positif.

Semua cita-cita baik dan visi yang besar ini kami upayakan melalui banyak hal seperti kegiatan-kegiatan yang bernuansa akademik, sosial, dan juga entertainment. Seperti konferensi internasional, pagelaran seni dan budaya berskala besar, seminar, hingga bakti sosial, dan banyak lagi kegiatan lainnya yang tentu memberi banyak dampak positif pada pelajar sendiri, dan negara Indonesia umumnya.

Menyadari akan peran penting PPI Malaysia dengan besarnya visi yang dituju, maka website ini adalah satu upaya PPI Malasyai untuk menghadirkan pelayanan yang baik dalam hal menyelenggarakan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat terutama para pelajar Indonesia yang ada di Malaysia. sehingga dengan demikian semoga kami bisa menjadi sumber informasi andalan dan rujukan untuk semua yang berkepentingan.

Bersama ini, kami PPI Malaysia ingin menyampaikan tekad dan ajakan untuk seluruh pemuda Indonesia dimanapun berada bahwa dari waktu ke waktu kita semakin mendekati masa depan. Indonesia yang kita lihat hari ini nantinya harus lebih baik, tidak ada cara lain untuk mencapai tujuan itu selain terus memperbaiki diri dan menjadi komponen indonesia yang siap menyongsong dinamisnya masa depan. Kritis dalam koridor konstruktif, memperbaiki dengan cara arif, dan dinamis untuk kepentingan umum dan cita-cita luhur.

 

Kita ada untuk Indonesia, kita berkarya untuk dunia.

 

Saya Zulfadli, ketua umum PPI Malaysia.

Salam Karya!

Recent News

Terhangat

Merchandise

Media Social

Facebook




Twitter

Instagram