Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Salam Sejahtera untuk kita semua.

Salam Perhimpunan!

 

Sahabat Pelajar Indonesia se-Malaysia dimanapun Anda berada. Persatuan Pelajar Indonesia  Malaysia (PPIM) merupakan organisasi pelajar Indonesia di Malaysia yang secara historis telah berdiri sejak tahun 1998 melalui hasil musyawarah mufakat pertama di Universiti Malaya (UM). PPIM yang kini berusia 20 tahun berasaskan UUD 1945 dan berstatus sebagai satu-satunya organisasi mahasiswa independen terbesar di Malaysia. Anggota PPIM adalah pelajar Indonesia yang terdaftar sebagai mahasiswa di universitas-universitas yang ada di Malaysia dan berjumlah sekitar 9,762 mahasiswa dari berbagai strata akademik. PPIM juga memiliki 30 PPI cabang yang tersebar di tanah Semenanjung, Sabah dan Sarawak. Ini merupakan jumlah yang cukup besar untuk di sejajarkan dengan negara-negara tujuan favorit studi seperti Jepang (4,600), Amerika (8,700), dan Jerman (4000).

Banyak prestasi yang telah ditorehkan oleh kepengurusan PPIM, baik di bidang riset dan akademik, seperti Asean Youth Conference (AYC), di bidang seni dan keolahragaan, seperti Olimpiade Mahasiswa Indonesia (OMI), dan juga di bidang sosial masyarakat dan bantuan hukum dan advokasi. Hal ini sejalan dengan konsep Tri Dharma Perguruan Tinggi di lingkungan Universitas di Indonesia, yaitu, pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Kesemua program PPIM dan PPI cabang terwujud melalui proses kolaborasi yang baik dengan pihak-pihak terkait, seperti KBRI, KJRI, KRI, lembaga pemerintahan dan non pemerintahan, akademisi dan aktivis sosial serta pihak terkait lainnya baik itu yang ada di Malaysia, seperti Yayasan Zarith Sofia, maupun yang ada di Indonesia.

PPIM tahun ini mengusung slogan Cendekia, Kolaborasi, Inovasi dengan melihat tantangan global masa depan yang semakin progresif. Untuk itu, visi yang diusung pada kepengurusan tahun ini ialah menjadikan PPIM sebagai rumah bersama untuk membangun khazanah keilmuan, karya, kreativitas, inovasi, kolaborasi, pengabdian dan kekeluargaan diantara PPI cabang dan mahasiswa Indonesia se-Malaysia.

Oleh sebab itu, dukungan dari tiap individu yang ada di dalam PPIM, PPI cabang, dan pihak terkait yang berada di luar PPIM sangat diperlukan untuk memberikan kontribusi terbaik bagi Tanah Air dan juga sebagai jembatan penghubung kolaborasi antara Indonesia dan Malaysia.

Mari bersama PPIM menjadi pelaku sejarah dalam memberikan kontribusi yang nyata, berkolaborasi dan berinovasi dalam program-program bermanfaat untuk mempersiapkan diri kita menjadi pemimpin bangsa di masa depan.

Wassalamu’alaikum Warahamatullah Wabarakatuh

Salam Cendekia, Kolaborasi, Inovasi

Muhammad Ammar Naufal, M.Ed.