Kajian Isu Strategis Muhammad Haykal Wiradi - 29 April 2019 219

Saat ini kita telah memasuki era Industrial Revolution (IR) 4.0 dimana istilah ini sering digunakan untuk merujuk pada proses perkembangan dalam manajemen produksi. Apa arti dari nama IR 4.0?

Artinya pada era IR 4.0 sekarang ini teknologi semakin berkembang dari sebelumnya  produksi otomatis menggunakan elektronik dan IT kini telah berkembang menjadi “Cyber Physical Systems” dan juga intelligent production dengan Internet of Things (IoT), cloud technology dan big data. Kecepatan terobosan saat ini tidak memiliki preseden historis. Jika dibandingkan dengan revolusi industri sebelumnya, Industri 4.0 berkembang pada kecepatan yang eksponensial daripada linear. Terlebih lagi, hal itu mengganggu hampir setiap industri di setiap negara. Dan luas serta dalamnya perubahan ini menandai transformasi seluruh sistem produksi, manajemen, dan tata kelola. Bahkan saat ini teknologi IR 4.0 sudah banyak dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan yang ada diseluruh dunia. Jadi penjelasan lebih singkatnya, IR 4.0 membawa otomatisasi proses manufaktur ke tingkat yang baru dengan memperkenalkan teknologi produksi massal yang dapat disesuaikan dan fleksibel.

Ini berarti bahwa mesin akan beroperasi secara mandiri, atau bekerja sama dengan manusia dalam menciptakan bidang produksi yang berorientasi terus-menerus bekerja untuk mempertahankan diri. Selain itu, Teknologi Industri Baru 4.0 yang mencakup komputasi seluler hingga komputasi awan yang telah mengalami perkembangan besar dalam dekade terakhir dan sekarang siap digunakan sebagai sistem yang saling berhubungan yang tersedia secara komersial di dalam manufaktur. Inilah Industri 4.0 yang memegang kunci untuk mengakses hasil dan data waktu nyata yang akan melontarkan industri ke tingkat baru. Namun, konsep Industri 4.0 tidak sederhana. Ini mencakup banyak teknologi dan digunakan dalam berbagai konteks yang berbeda. Apa saja keuntungan lain dari Teknologi industri 4.0 ini ?

Tentu, selain dari yang telah disebutkan diatas Industri 4.0 ini dirancang untuk mengubah dasar persaingan di bidang manufaktur. Itu mungkin terdengar berlebihan untuk visi futuristik, tetapi tidak. Industri 4.0 muncul tidak hanya sebagai pendekatan untuk menggunakan teknologi baru, tetapi untuk secara fundamental mengubah persamaan untuk manufaktur. Industri 4.0 akan memungkinkan kelincahan dan pencampuran yang jauh lebih besar di pabrik tanpa mengorbankan kualitas, biaya, atau kecepatan. Itu akan memungkinkan perusahaan untuk berinovasi lebih cepat dan mendapatkan pendapatan yang lebih besar karena pelanggan selalu mencari biaya rendah, kualitas sempurna, dan ketersediaan langsung. Industri 4.0 tidak hanya akan meningkatkan efisiensi tetapi juga mempercepat inovasi karena model bisnis baru dapat diimplementasikan lebih cepat.

Dengan demikian, data besar, komputasi awan, dan teknologi seluler akan digunakan untuk produksi. Komputer menggantikan manusia untuk menetapkan tugas ke mesin-mesin sementara teknologi yang memungkinkan manusia hanya bertindak sebagai dukungan moral. Pesanan produksi yang dulunya adalah perlu waktu berhari-hari untuk dieksekusi sekarang dapat dilakukan dalam beberapa jam saja. Masih ada banyak potensi untuk Revolusi Industri 4.0 dan kita akan menjadi saksi.