Berita Acara Ahmad Naufal Aisyi - 24 Maret 2019 131

 

Kuala Lumpur (24/3) - Perhimpunan Pelajar Indonesia Malaysia (PPIM) mengadakan acara Young Entrepreneurship Training, yaitu workshop untuk pembuatan website berbasis CMS serta tips membangun start up digital. Acara workshop yang mengusung tema “membangun start up digital zaman now” tersebut berlangsung di Fakulti AIKOL IIUM Gombak, Malaysia.

Workshop ini dihadiri oleh 35 peserta dari sembilan universitas, diantaranya adalah UM (Universiti of Malaya), UTM (Universiti Teknologi Malaysia), UPM (Universitas Putra Malaysia), APU (Asia Pacific University), USM (Universiti Sains Malaysia), UPSI (Universiti Pendidikan Sultan Idris), UTPKL (Universitas Terbuka Pokjar Kuala Lumpur), Taylors University dan IIUM (International Islamic University of Malaysia).
Kegiatan workshop ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan pembacaan Do'a, sambutan dari Ketua Pelaksana serta Ketua PPIM, lalu memasuki inti acara yaitu penyampaian materi oleh narasumber workshop, yaitu Andi Asdar Abuhaerah.
Saudara Andi Asdar Abuhaerah merupakan founder Portal-indonesia.co.id, Portal-islam.com, dan founder kitasedekah.com.


Kegiatan ini berlangsung dari pukul 9.30 pagi hingga 5.00 petang waktu Malaysia dibagi menjadi dua sesi. Pada sesi pertama, trainer mengajarikan tahap-tahap awal pembuatan website, mulai dari pengertian domain dan hosting, cara membeli domain dan hosting, serta bagaimana membuat subdomain di website. Peserta pun langsung diberikan akses untuk membuat subdomain masing-masing.
Karena media yang digunakan dalam pembuatan website ini adalah berbasis CMS (content management system), maka trainer dalam proses pengajarannya kemarin menggunakan wordpress (aplikasi CMS opensource). Dengan menggunakan platform CMS, kita dapat memodifikasi laman website kita sesuai kebutuhan kita.


Dalam sesi kedua, Saudara Andi juga mengajarkan cara mendesain tampilan laman website. Setelah tampilan laman website didesain sesuai dengan keinginan peserta, peserta dapat mengeksplor untuk mengisi konten agar sesuai dengan keinginan. Setelah itu, Beliau juga mengajarkan mengenai ilmu dasar SEO dan affiliate website agar dapat menghasilkan pundi-pundi uang.
Setelah pemberian materi usai, acara dilanjutkan dengan pemberian cinderamata oleh panitia dan diakhiri dengan foto bersama tamu undangan, narasumber dan panitia.