Berita Acara - 10 November 2017 186

Bukit Jalil (9/11) - Meskipun HUT Kemerdekaan Indonesia diperingati pada tangal 17 Agustus, namun momentum tersebut juga bisa diperingati pada hari dan pada tanggal tertentu. PPI APU contohnya, mereka memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia pada hari ini (9/11 red). 

Peringatan HUT tersebut diselenggarakan atas inisiatif PPI APU dengan tujuan untuk menanamkan semangat nasionalisme dan patriotisme di dalam kalangan pelajar Indonesia di APU maupun seantero Malaysia.

Bertempat di APU New Campus, acara diawali dengan sambutan dari Ketua PPI APU, perwakilan PPIM, perwakilan kampus APU, dan perwakilan KBRI kuala Lumpur.

Dalam sambutan ketua PPI APU, Micko mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada seluruh kepanitiaan, tamu, dan perwakilan cabang yang telah ikut serta untuk mensukseskan acara tersebut. Ia menambahkan bahwa acara ini diselenggarakan sebagai bukti bahwa walaupun berada diluar negeri, kita bisa tetap cinta dan akan selalu ingat dengan Indonesia, terutama peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Senada dengan itu, perwakilan PPIM, Hilman Fauzi juga menyampaikan bahwa sudah seharusnya generasi muda mengimplementasikan jiwa dan semangat nasionalisme dalam diri masing-masing. Dengan momentum peringatan HUT-RI ke-72 dan Hari Pahlawan, diharapkan generasi muda dapat bersama-sama menjaga keutuhan NKRI.

Hal tersebut juga disampaikan oleh perwakilan KBRI, Agus Badrul Jamal mengatakan bahwa kita yang jauh dari Indonesia seharusnya mempunyai semangat nasionalisme dan patriotisme yang tinggi, serta tidak terpancing dengan berita hoax yang dapat mengancam keutuhan NKRI. Beliau juga menambahkan agar pelajar Indonesia tidak tertular penyakit "Kids Zaman Now".

Setelah kata sambutan, acara dilanjutkan dengan upacara pengibaran bendera. Momen sakral tersebut membuat hadirin yang hadir larut dalam suasana khusyu untuk mendalami makna perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan NKRI.

Tidak berhenti sampai disitu, acara kembali dilanjutkan dengan menyanyikan lagu-lagu dan penampilan busana tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Acara berlanjut dengan permainan angklung dari anggota PPI APU. Uniknya, anggota PPI APU juga memberikan peluang kepada setiap pelajar dari mancanegara untuk mencoba memainkan angklung bersama. Tentunya, permainan tersebut dibimbing oleh pelajar-pelajar Indonesia. Acara kembali dilanjutkan dengan persembahan tari piring. Selama 5 menit, penampilan tari piring tampak begitu memukau dalam acara tersebut.

Hingga akhirnya, acara Independence Day pun berakhir dengan lomba khas tujuh belasan yakni acara makan kerupuk dan pengumuman nominasi pemenang penampilan terbaik dalam berbagai persembahan yang telah ditampilkan hari itu. (doni/fasya)

Recent News

Terhangat

Merchandise

Media Social

Facebook




Twitter

Instagram