Berita Acara Jurnalis PPI MALAYSIA - 11 Juli 2019 114

Johor Bahru (09/07) – Simposium Internasional PPI Dunia merupakan salah satu agenda tahunan yang bertujuan untuk membahas evaluasi kegiatan dari PPI Dunia serta merumuskan gagasan maupun tindakan yang membangun bagi Ibu Pertiwi dari pelajar-pelajar Indonesia yang tersebar di berbagai negara. Setelah tahun lalu SI PPI Dunia diadakan di Moskow, Rusia, tahun ini, Malaysia terpilih sebagai tuan rumah Simposium Internasional PPI Dunia yang ke-11. Untuk merealisasikan acara ini, telah terbentuk kepanitian khusus SI PPI Dunia dengan rekruitmen terbuka pada bulan Januari lalu secara struktural yang berada dibawah kepengurusan PPI Malaysia.

Acara yang akan diadakan di Universiti Teknologi Malaysia (UTM), Johor Bahru, Malaysia ini akan diselenggarakan dari tanggal 10 hingga 14 Juli 2019 mendatang dengan menggagas tema “Inovasi berkelanjutan sebagai sumbangsih Pemuda Indonesia untuk kemandirian bangsa”. Acara ini juga akan mendiskusikan isu-isu spesifik terkait dengan kebijakan Riset, Inovasi dan Pendidikan Tinggi, tujuan pembangunan berkelanjutan, dan kolaborasi Pelajar Indonesia di Dunia. Beberapa topik yang akan diangkat diantaranya berkaitan dengan peran berbagai sektor seperti Pendidikan dan Riset, Industri Kreatif dan Pariwisata, Pemerintah Daerah, serta Teknologi dan Energi terhadapi Inovasi berkelanjutan di Indonesia.

Acara Simposium Internasional tahun ini cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebanyak 500 orang target partisipan, 3 keynote speaker, 12 panelis dan 4 sesi panel, delegasi dari 53 PPI Negara, Alumni PPI Dunia, dan beberapa BEM Universitas di Indonesia akan hadir mengisi SI PPI Dunia XI.

Sehari sebelum acara dimulai, diadakan penyambutan dan penjemputan bagi para delegasi oleh pada Panitia divisi Liason Officer (LO) SI PPI Dunia. Panitia tersebar di tiga titik penjemputan, diantaranya Bandara Internasional Kuala Lumpur 1 dan 2, Bandara Senai, Johor Bahru, dan Bandara Internasional Changi, Singapura. Setibanya di lokasi, delegasi diminta untuk melakukan registrasi ulang, disusul dengan welcoming session dari MC, doa pembuka, sambutan dari Ketua Pelaksana Simposium Internasional XI, briefing dan sosialisasi kegiatan, networking session dan yang terakhir, para delegasi kembali ke penginapan Scholar Inn UTM.

Berkumpulnya para pelajar Indonesia pada SI PPI Dunia 2019 ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih bagi kemajuan Indonesia serta Dunia, baik merujuk pada kearifan lokal negara studi masing-masing, bidang keilmuan, serta menyampaikan gagasan-gagasan dan tindakan yang solutif bagi kemajuan bangsa Indonesia.