Berita Ahmad Naufal Aisyi - 25 Januari 2019 | 17.00 MYT - 25 Januari 2019 413

 

Kuala Lumpur (25/01) - Menurut pernyataan Jabatan Meteorologi Malaysia di situs webnya hari ini (25/01) pukul 13.00, Angin Timur Laut yang kuat dengan kecepatan 40 hingga 50 km per jam dengan gelombang ombak yang kencang dan dapat terjadi hingga ketinggian 3,5 meter (11.5 kaki) diperkirakan menghantam perairan timur Samui, Tioman, selatan Bunguran, Karang Utara, Layang-layang, barat laut Karang Selatan, Palawan, barat laut Labuan, Sulu, Kelantan, Terengganu, Pahang, Johor Timur dan Sabah: Daratan (Tambunan), Pantai Barat (Ranau dan Kota Belud), Tawau (Lahad Datu), Sandakan, dan Kudat hingga Minggu ini.

Pada katagori pertama dalam kriteria angin kencang, depresi tropis / badai tropis di tengah laut (lebih dari 400 km atau 200 mil laut dari pantai) membawa angin kencang dan gelombang yang besar dengan ketinggian ombak seperti disebutkan di atas. Sehingga, angin kencang dan ombak laut yang bergejolak sangat berbahaya bagi semua kegiatan pengiriman dan pantai, termasuk layanan penangkapan ikan dan feri.

Sementara itu, angin kencang dari Timur Laut 50 hingga 60 km per jam dan ombak mencapai ketinggian hingga 4,5 m (15 kaki) terdeteksi di laut atau ZEE Malaysia yang intensitasnya dapat terus meningkat diperkirakan akan menghantam Condore, Reef North, dan Northern Rivers pada periode yang sama. Situasi ini berbahaya bagi perahu kecil, rekreasi dan olahraga laut, dalam keterangannya.

Angin kencang timur laut ini memang disebabkan oleh terjadinya musim penghujan tahunan, dimana bulan Januari adalah masa-masa bagi beberapa daerah tersebut mengalami curah hujan yang sangat tinggi. Oleh karena itu, diharapkan untuk seluruh warga yang berada di daerah yang disebutkan di atas, untuk tetap berhati-hati dan selalu bekali diri dengan perlengkapan yang mumpuni.

Untuk mengetahui keadaan cuaca yang akurat dan lebih lanjut, masyarakat dihimbau untuk selalu melakukan pengecekan cuaca terkini dalam aplikasi MyCuaca, laman web, dan media sosial Jabatan Meteorologi Malaysia.