Berita Acara Nasyatul Qulsum - 20 Agustus 2018 133

(Picture source: kpopchart.net)

Asian Games 2018 merupakan acara olahraga multi-event terbesar se-Asia yang akan diselenggarakan pada tanggal 18 Agustus sampai 2 September 2018 mendatang. Ini merupakan kali kedua bagi Indonesia mendapat mandat sebagai tuan rumah perhelatan pesta olahraga terbesar se-Asia setelah Asian Games IV yang sukses diadakan pada tahun 1962. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, acara ini akan diadakan di dua kota sekaligus yaitu di DKI Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan.  
Pembukaan Asian Games 2018 dilaksanakan malam hari ini (18/07/2018) pukul 19.00 WIB hingga 22.00 WIB di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, DKI Jakarta. Acara ini turut dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo; Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA), Syeikh Ahmad Al Fahda Al Sabah; Ketua
Panitia Pelaksana Asian Games 2018, Erick Thohir; serta turut dihadiri oleh Perdana Menteri Republik Korea, Lee Nak-Yeon.

Dalam rangkaian acara pembukaan Asian Games 2018, acara pembuka adalah dengan pengibaran bendera sang saka Merah Putih, menanyikan lagu Indonesia Raya serta mengheningkan cipta seraya mendoakan korban gempa di Lombok. Kemudian, acara diikuti dengan pertunjukan kolosal memamerkan keberagaman budaya yang dimiliki oleh Indonesia.
Sosok dibalik acara pembukaan Asian Games 2018 malam ini adalah Wishnutama Kusubandia selaku direktur kreatif pesta pembukaan dan penutupan Asian Games 2018. Ia mengungkapkan, dibutuhkan waktu 1,5 tahun untuk mempersiapkan untuk upacara pembukaan malam ini.

Acara ini juga turut menampilkan musisi-musisi terbaik Indonesia, seperti
Joey Alexander, Anggun, Raisa, Ariel, Tulus, Kamasean, Fatin, GAC, Putri Ayu, Cakra Khan, Sheryl Sheinafia, Rossa, Wizzy, Rinni Wulandari, Edo Kondologit, Maruli Tampubolon dan Via Vallen.

Panggung Pembukaan Asian Games 2018 kali ini juga menampilkan pemandangan gunung yang besar dilengkapi dengan tumbuhan khas Indonesia. Panggung yang dibuat oleh perajin asal Bandung ini akan dipenuhi oleh 4.000 penari yang diiringi oleh ratusan pemusik dibawah arahan Addie MS dan Ronald Steven.Para penari melakukan pertunjukan dengan energik dan elegan yang menampilkan tarian khas setiap provinsi di Indonesia diiringi orkestra.

Ditaksir sekitar 50.000 orang hadir untuk memeriahkan acara pembukaan Asian Games 2018 malam ini. Oleh karena itu, Panitia Pelaksana Asian Games 2018 bekerjasama dengan Pemerintah DKI Jakarta dan Kepolisian Daerah Metro Jaya akan menutup beberapa ruas jalan untuk menghindari kemacetan dan kerumunan massa saat acara berlangsung.
Dilansir dari website resmi Asian Games 2018, Erick Thohir selaku Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 mengatakan bahwa Asian Games 2018 akan menjadi acara terbesar sepanjang sejarah dan ia yakin, Asian Games tahun ini akan menjadi warisan yang berharga dan selalu dikenang bagi generasi penerus bangsa Indonesia. (Nasyatul/Bella)

Terhangat

Media Social

Facebook




Twitter

Instagram