Kajian Isu Strategis Penkastrat - 19 Juni 2019 189

 

 

            Demokrasi adalah sebuah kata yang sudah sangat familiar ditelinga masyarakat dunia, khususnya Indonesia. Hal ini tentu sudah jelas dikarenakan demokrasi itu sendiri telah tercantum dalam Undang-Undang kita yakni Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang menyatakan bahwa Indonesia adalah negara yang menganut paham demokrasi, terlebih lagi dalam pasal 1 ayat (2) Undang-Undang Dasar 1945 juga menjelaskan bahwa, Kedaulatan ada di tangan rakyat dan dilasanakan menurut Undang-Undang Dasar”, dan selanjutnya pada pasal 33 ayat (3) yang menyatakan bahwa, “Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat”. Pasal-pasal yang telah dirumuskan oleh Bapak-Bapak bangsa kita tersebut tidak lain dan tidak bukan merupakan hasil buah pemikiran dari esensi pengertian demokrasi tersebut. Nah, lantas sebelum kita membahas lebih kritis mengenai apa itu demokrasi mari kita menyelam lebih jauh mengenai pengertian dan sejarah demokrasi secara general.

 

Apa itu demokrasi?

Pada umumnya Demokrasi adalah sebuah sistem pemerintahan dalam sebuah negara yang mana kedaulatan berada di tangan rakyat dan dijalankan oleh pemerintahan atau institusi yang bertugas mewakilkan kedaulatan rakyat tersebut melalui sebuah pemilihan umum atau pemilu seperti yang barusan saja kita lakukan pada tanggal 17 april lalu. Sistem pemerintahan demokrasi bukanlah sistem pemerintahan baru, sistem ini sudah ditemukan dan diaplikasikan pada zaman yunani kuno abad ke-5 SM, pada masa inilah ideologi demokrasi tersebut lahir yang mana menjadi cikal bakal sistem pemerintahan demokrasi modern seperti sekarang. Selanjutnya, pada masa abad ke-20 sekarang, demokrasi merupakan salah satu sistem atau bentuk pemerintahan yang paling populer dan paling banyak dianut oleh negara-negara dunia seperti negara adidaya Amerika Serikat sampai Indonesia, ini dikarenakan banyak yang meyakini bahwa demokrasi adalah sistem pemerintahan yang paling ideal untuk diaplikasikan oleh negara karena selalu mengutamakan kedaulatan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat berbeda dengan sistem monarki, oligarki ataupun otokrasi yang hanya mementingkan sejumlah pihak yang tidak mewakili rakyat secara keseluruhan.

Lantas, bagi Indonesia bagaimana esensi demokrasi muncul di tahun politik seperti sekarang?

            Di Indonesia itu sendiri demokrasi sering dimaknai dengan kebebasan berpendapat dan berekspresi yang mana masyarakat bebas beropini dan menyatakan pendapatnya didepan umum (demonstrasi) bertujuan untuk mengkritik pemerintahan yang berjalan atau mengutaran ketidakpuasan dari sebagian belah pihak tentang kebijkan-kebijakan yang bersangkutan. Terlebih lagi karena kita masih memasuki tahun pemilu atau tahun politik muncul lah suatu pihak yang disebut sebagai oposisi, oposisi dalam garis besar adalah pihak penantang yang menentang dan mengkritik pendapat atau kebijakan politik golongan yang berkuasa. Di tahun politik seperti sekarang, masih banyak masyarakat Indonesia yang berpikir bahwa aksi demonstrasi dan munculnya kaum oposisi hanya menjadi pemerkeruh suasana kedamaian bagi negeri kita, tapi harus juga diingat bahwa lahirnya aksi demonstrasi dan munculnya kaum oposisi juga merupakan buah dari demokrasi yang kita anut, karena jika kita menyikapi kritis atas apa esensi dari demonstrasi dan oposisi, ialah bertugas untuk mengawasi pemerintahan agar tetap on track dalam menjalankan kebijakan dan untuk tidak menyelewangkan kekuasaan yang sudah diterima guna terpenuhinya sila ke-5 Pancasila yakni keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Karena jika tidak adanya hal tersebut maka sesungguhnya pemerintahan yang kita anut merupakan sistem otoriter bukannya demokrasi.

Oleh karena itu, didalam tahun politik ini marilah kita bersama-sama menyikapi tahun politik ini dengan santai dan berpikir jernih agar tidak termakan provokasi-provokasi yang beredar, karena provokasi itulah aksi memecah belah bangsa kita yang sebenarnya. Karena bagaimanapun juga tahun pemilu ini merupakan pesta demokrasi bagi seluruh rakyat Indonesia.