Berita Acara Ahmad Naufal Aisyi - 27 April 2019 459

 

Kuala Lumpur (26/04) — Departemen Hukum dan Advokasi berkolaborasi dengan Departemen Pendidikan Persatuan Pelajar Indonesia se Malaysia mengadakan kegiatan bertemakan “Internalisasi nilai-nilai kebangsaan untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme pada generasi muda” di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL), Jumat (26/04) lalu.

Kegiatan yang berlangsung dari jam 8 pagi sampai jam 12.30 siang ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Kegiatan diawali dengan senam pagi oleh seluruh siswa SIKL, dilanjutkan dengan acara pembukaan kegiatan yang dibuka dengan sambutan dari Ketua PPIM, Muhammad Ammar Naufal,  serta sambutan dari perwakilan SIKL. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan pemberiaan cindera mata oleh PPIM ke SIKL dan di tutup dengan pemberian donasi buku secara simbolis sebanyak 3 box kepada pihak SIKL.

Setelah acara pembukaan, para siswa diarahkan ke kelas untuk mendapatkan materi dari para narasumber kegiatan ini. Adapun materi yang disampaikan yaitu Hukum, Sejarah, PKN, dan Pengembangan Diri.

Pada waktu penyampaian materi, para siswa sangat antusias mendengarkan apa yang disampaikan oleh narasumber dikarenakan mereka baru memahami bagaimana sistem hukum yang ada di Indonesia maupun di Malaysia. Antusias merekapun dapat terlihat dari lemparan pertanyaan-pertanyan yang cukup berbobot. Penanaman jiwa nasionalisme juga dilakukan melalui penyampaian materi Sejarah dan PKN dengan metode penyampaian yang cukup menarik seperti bermain games dan kuis Kahoot sehingga mereka tetap semangat mengikuti materi yang disampaikan oleh narasumber. Di akhir sesi, untuk menambah kepercayaan diri dan semangat dalam menggali potensi pribadi, mereka diberikan materi pengembangan diri. Hal ini bertujuan agar kedepannya mereka bisa menjadi penerus bangsa Indonesia yang hebat dan berkarakter.