Sumbangan Tulisan Hani Adhani - 05 Februari 2018 1008

Explore Malaysia dengan Kendaraan atau Mobil (Kereta) Pribadi

Kartu Touch n Go saat membayar di Plaza Tol

Malaysia sebagai negara yang serumpun dan juga negara tetangga Indonesia menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan Indonesia untuk berlibur dan juga shopping. Hampir sekitar 10 ribu orang wisatawan asal Indonesia setiap minggu datang ke Malaysia dan destinasi kota favorit adalah Kuala Lumpur dan Penang. Dengan jarak penerbangan yang dekat dan tiket yang murah maka kedatangan wisatawan Indonesia ke Malaysia bukan hanya sekali atau dua kali malah mungkin sampai berkali-kali.

 

Biasanya wisatawan asal Indonesia yang pertama datang ke Malaysia akan menggunakan jasa biro travel untuk memudahkan perjalanannya, namun setelah mendapatkan pengalaman pertama dari biro travel akhirnya kedatangan berikutnya pasti wisatawan tersebut mulai mandiri dan sudah berani menjadi backpacker traveler

 

Keberanian itu muncul karena melihat banyaknya kemudahan saat datang mengunjungi Malaysia. Mulai dari kemudahan mendapatkan hotel, tiket pesawat yang murah, tranportasi publik yang murah dan nyaman, makanan yang murah dan halal hingga kemudahan dalam hal bahasa dan komunikasi.

 

Faktor tersebut menjadikan Malaysia menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi masyarakat Indonesia. Oleh karenanya jangan heran apabila saat kita mengunjungi tempat-tempat favorit di KL seperti KLCC, KL tower, Batu caves, Bukit Bintang akan banyak menemukan wisatawan asal Indonesia.

 

Menyewa Mobil di Malaysia  
Saat ini, selain menggunakan moda transportasi publik (LRT, MRT, KTM, ERL, Monorail, Bus Rapid KL) yang sangat nyaman, aman dan murah, banyak juga wisatawan asal Indonesia yang untuk mengunjungi destinasi wisata di Malaysia menggunakan mobil atau kendaraan pribadi yang disewa di Malaysia. Biasanya penyewaan mobil ini dibantu oleh mahasiswa ataupun pekerja asal Indonesia yang sudah lama tinggal di Malaysia dimana mereka bisa membantu menyewakan kendaraan pribadi yang bisa disewa dari perusahaan sewa mobil atau juga dari pribadi warga Malaysia.

 

Dengan harga penyewaan Mobil yang rata-rata sehari antara 150RM s.d. 200RM yang disesuaikan dengan tipe mobil, maka hal tersebut jelas sangat menguntungkan para wisatawan khususnya yang akan mengunjungi kota lain di Malaysia yang jaraknya lebih dari 100km seperti Melaka, Penang, Langkawi, Perak, Kedah, Kuantan, Johor dan banyak kota lainnya yang dapat dikunjungi melalui jalan darat dengan menggunakan kendaraan pribadi atau mobil pribadi.  

 

SIM Internasional 
Untuk menyewa mobil pribadi di Malaysia, selain harus mempunyai kenalan atau teman di Malaysia juga harus memiliki SIM A Internasional. SIM A Internasional ini dapat kita buat di Indonesia di Dirt. Lalu Lintas Mabes Polri di Jalan MT Haryono, Jakarta. Proses pembuatan SIM Internasional ini sangatlah mudah dan cepat. Kita hanya diwajibkan membawa photo copy KTP, Pasport dan juga SIM dengan membayar biaya 250 ribu. Proses pembuatan SIM Internasional ini hanya membutuhkan waktu kurang dari 20 menit.

 

Mengunjungi destinasi wisata di Malaysia dengan menggunakan mobil pribadi memang menjadi pengalaman yang menarik dan juga menyenangkan karena kita bisa explore lebih dekat keindahan Malaysia dan juga kemajuan Malaysia. Dengan ruas jalan tol yang bagus dan sudah tersedia ke setiap negara bagian menjadikan kita sebagai driver sangat nyaman mengendarai kendaraan pribadi selama di Malaysia. Begitupun dengan kemudahan menggunakan fasilitas GPS yang sudah tersedia di gadget (google mapsatau waze) kita menjadikan explore Malaysia dengan menggunakan mobil pribadi terasa semakin menyenangkan karena kita tidak mungkin tersesat.

 

Selain itu, manfaat lain yang bisa kita dapatkan saat menggunakan mobil pribadi saat berwisata di Malaysia adalah kita bisa mengatur waktu secara akurat dan efisien oleh karena di Malaysia lalu lintas jalan tidak terlalu ramai dan juga tidak banyak macet, sehingga perjalanan panjang ratusan kilometer pun dapat dicapai dengan waktu yang cepat. Namun, saat mengendari kendaraan pribadi di jalan Tol juga kita harus hati-hati oleh karena setiap zona jalan ada kamera pengintai kecepatan yang akan memotret kendaraan kita saat kita melebihi batas kecepatan di jalan tol dan konsekuensinya kita akan kena denda yang dibebankan kepada pemilik kendaraan.

 

Touch and Go / E-Money
 Hal lain yang juga harus disiapkan saat mengendarai kendaraan pribadi di Malaysia adalah e-money atau lebih dikenal dengan kartu Touch and Go. Kartu e-money atau Touch and Go untuk membayar jalan tol tersebut dapat kita beli di gerai pengisian bahan bakar di rest area dan kita juga bisa melakukan top up di gerai tersebut serta juga dapat dilakukan Plaza Tol (Gerbang Tol) saat kita akan membayar tol. Di Gerbang Tol atau Plaza Tol akan tersedia line khusus untuk melakukan top up touch and go sehingga kita tidak perlu kahawatir akan kehabisan e-money kita.

 

Tips Berkendara di Malaysia 
Ada beberapa hal yang juga harus kita pahami saat mengendarai kendaraan pribadi di Malaysia, diantaranya :

  1. Tidak ada STNK. Saat kita menyewa mobil (kereta) di Malaysia kita tidak akan mendapatkan STNK atau surat kepemilikan kendaraan dan kita hanya akan mendapatkan kunci kendaraan saja.
  2. Saat akan membeli bensin (minyak) atau BBM, pom bensin tidak menyediakan petugas yang akan mengisi bensin. Jadi kita self service atau mandiri mengisi bensin. Caranya kita terlebih dahulu melihat nomor mesin pom bensin tempat kita mengisi, kemudian kita pergi ke kasir pom bensin dan memberitahukan kepada petugas kasir bahwa kita membeli bensin oktan 92 atau 95 di mesin nomor sekian. Maka petugas kasir akan mengisi secara otomatis mesin pom bensin yang kita beritahukan dan kita akan mendapatkan tanda pembayaran dari kasir. Selanjutnya kita langsung mengisi bensin ke mobil kita dan secara otomatis mesin akan mengeluarkan bensin sesuai jumlah yang kita beli dan akan berhenti secara otomatis sesuai jumlah bensin yang kita beli.
  3. Tidak ada bunyi klakson. Salah satu budaya berkendara di Malaysia adalah jarak menggunaakan klakson. Klakson hanya digunakan saat emergency seperti layaknya lampu hazar dan jangan heran apabila kita jarang mendengar bunyi klakson selama berkendara di Malaysia.
  4. Mendahulukan pengendara lain. Saat kita akan berbelok, maka kita harus sabar menunggu giliran, hingga tidak ada kendaraan oleh karena kebiasaan pengendara Malaysia selalu mendahulukan pengendara lain sehingga kita harus bersabar.
  5. Isi angin gratis dan tidak ada nitrogen. Di Malaysia, mengisi angin untuk tekanan ban bisa dilakukan di gerai pom bensin ataupun gerai bengkel ban dan semuanya gratis. Namun kita tidak akan menemukan pengisian nitrogen di Malaysia, sehingga kita saat berkendara di jalan Tol harus berhati-hati karena angin biasa lebih rawan dan sedikit tidak aman.

 

Demikian sedikit tips dan uraian tentang explore Malaysia dengan menggunakan kendaraan atau mobil atau kereta pribadi. Semoga bermanfaat. Hatur Nuhun.

ExploreMalaysia #mobilPribadi #KeretaPribadi

Penulis : Hani Adhani
Editor   : Bella Chintya Neyfa

Terhangat

Media Social

Facebook




Twitter

Instagram