Kajian Isu Strategis Muhammad Putra Hutama - 27 Agustus 2019 69

Setelah kurang lebih 350 tahun Indonesia dijajah, Indonesia memproklamiasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945. Hal tersebut menjadi simbol bahwa Indonesia telah merdeka, bebas dari penjajahan dan diakui kedaulatannya oleh Dunia. Sudah 74 tahun lalu Indonesia memproklamasikan kemerdekaan apakah saat ini Indonesia sudah merdeka secara keseluruhan? Apakah kemerdekaan ini meningkatakan kesejahteraan masyarakat Indonesia secara menyeluruh atau keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia sesuai dengan amanat pembukaan UUD 1945?

Pada saat ini Indonesia bisa dikatakan sudah mampu membangun dan mengisi kemerdekaan menuju negara maju. Bahkan, menurut kajian yang dilakukan oleh Standard Chartered Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi baru dunia dengan menjadi empat besar dari segi PDB  Berdasarkan data yang di dapatkan dari BPS, sejak sepuluh tahun terakhir, rata-rata pertumbuhan ekonomi Indonesia berada dikisaran 5% per tahun. Lebih lanjut, perusahaan asing atau negara lain juga berani untuk menginvestasikan uangnya untuk membangun bisnis di Indonesia, hal ini dapat dilihat dari meningkatnya Penanaman Modal Asing (PMA) sekitar 200% dari 2009 ke 2018 .

Meskipun indikator makroekonomi tersebut menunjukan hal yang postif, tetapi belum semua warga Indonesia meraskan buah manis pertumbuhan ekonomi tersebut. Berdasarkan data yang diambil dari BPS kemiskinan di Indonesia mengalami pelambatan penurunan. Bahkan tulisan di media online Indonesia Investment, sekitar 6,5 juta atau seperempat jumlah masyarakat Indonesia berada hanya sedikit diatas garis kemiskinan. Indikator lainya yang dapat menunjukan bahwasannya ketimpangan semakin tinggi adalah rasio gini Indonesia yang meningkat  dari 0.33 ditahun 2002 menjadi 0.41 ditahun 2013. Idealnya pertumbuhan ekonomi dan penanaman modal asing seharusnya dapat sejalan dengan penurunan kemiskinan dan

(Ketua Komisi Ekonomi, Pusat Kajian dan Gerakan, PPI Dunia 19/20. Mahasiswa S2 International Economy and Business Corvinus University of Budapest, Hungaria)