Berita Acara Nasyatul Qulsum - 15 Agustus 2018 241

(Pembacaan Deklarasi Diaspora)

Jakarta–Opening Conference Indonesian Diaspora Youth (CIDY) yang bertemakan ‘Merancang Visi Indonesia 2045’ telah diselenggarakan pada hari Selasa, 14 Agustus 2018 di Grand Sahid Jaya Hotel, Sudirman, Jakarta. Berbeda dari hari sebelumnya, hari kedua CIDY tidak hanya dibuka untuk delegasi khusus, namun dibuka juga untuk publik (observer) yang sudah reservasi tiket sebelumnya. Opening Ceremony CIDY dimulai pukul 9.00 WIB dan dipandu oleh Dr. Dinno Patti Djalal selama acara berlangsung hingga pukul 12.00 WIB.

Acara opening ceremony juga diselingi oleh sambutan Fadjar Mulya selaku Koordinator PPI Dunia dan talkshow dengan Martunis (Pejuang bencana tsunami 2004) dan Yoshi Sudarso selaku Aktor dan salah satu diaspora muda Indonesia. Selain talkshow, dilaksanakan juga penyampaian Visi Indonesia 2045 yang di sampaikan Gustika Jusuf-Hatta (cucu dari Bung Hatta) dan Puti Guntur Soekarno (cucu dari Bung Karno).

Pada hari kedua CIDY 2018, telah berlangsung diskusi 5 panel atau pokok bahasan yang tertera dalam topik konfrensi tersebut bagi para delegasi khususnya dalam merancang Visi Indonesia 2045. Hasil dari diskusi panel merancang Visi Indonesia 2045 akan dibacakan pada hari Rabu, 15 Agustus 2018 bertepatan dengan hari terakhir CIDY 2018. Acara lain yang diselenggarakan untuk para peneliti yaitu membahas beberapa topik dalam bentuk talkshow yang diisi oleh beberapa presenter yang datang dari beragam sektor, seperti:
‘The Future of Higher Education in Indonesia’ oleh Nisa Felicisa (Dekan Fakultas Pendidikan, Sampoerna University),
‘Fostering and Empowering the Society in Building and Serving the Nation’ oleh Presiden Direktur / CEO Nestle´ Indonesia,
‘Mengembangkan Budaya Tulis’ oleh Andi Tarigan (Manajer Redaksional Framedia Pustaka),
‘How To Be A World Champion’ oleh Ranomi Kromowidjojo (Peraih 3 Medali Emas),
dan ‘Menjadi Millennials Tangguh dan Tumbuh Menuju Indonesia 2045’ oleh Indra Sugiarto (Pendiri @MasukKampus). (Nasyatul/Bella)

 

Terhangat

Media Social

Facebook




Twitter

Instagram