Berita Acara - 24 Agustus 2017 120

Badminton Indonesia raih medali emas, Bukit Jalil, Kamis (24/8/2017). (FOTO/BadmintonTalk)

Kuala Lumpur (24/08) - Tim bulu tangkis kembali bertanding di Axiata Arena, Bukit Jalil, setelah kemarin menang semifinal menghadapi Thailand dengan skor 3-1. Dipartai final hari ini, tim Indonesia akan menghadapi tuan rumah Malaysia yang menang atas Singapura 3-0.

Seperti yang diprediksi jauh sebelum Sea Games berlangsung, bahwa final idealnya adalah Indonesia vs Malaysia. Tentunya, adu gengsi kedua negara yang notabanenya adalah kiblat bulutangkis di Asia Tenggara bahkan dunia, tidak terelakkan, dan pastinya akan menurunkan skuat terbaik.
 
Benar saja, menargetkan emas di team putra maka Indonesia menurunkan skuat terbaik dengan komposisi Jonathan, Fajar/Rian, Ihsan, Berry/Hardianto dan Firman Abdul K.
 
Pada partai pertama, terjadi pertarungan dua tunggal putra harapan The Next Champions yakni Jonathan vs Iskandar Zulkarnain. Pertarungan berlangsung alot, saling serang dan dropshot cantik yang diperagakan oleh kedua pemain membuat seisi stadium gemuruh. Pertandingan ini akhirnya dimenangkan oleh Jonathan lewat straight game 21-18, 21-17. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Indonesia
 
Dipartai kedua, Fajar/Rian turun sebagai ganda pertama Indonesia menghadapi Ong Yew Sin/ Teo Ee Yi. Tentu Fajar/Rian tak ingin mengulang kesalahan yang sama pada saat menghadapi Thailand, yakni berujung gagal menyumbang angka untuk Indonesia. Pertandingan dimulai dengan mencari kesesuaian lapangan dan arah angin. Setelah itu, terjadi adu drive dan smash keras yang diperagakan oleh kedua pasangan. Pertandingan ini akhirnya berhasil dimenangkan oleh Fajar/Rian lewat pertarungan rubber game 21-12, 16-21, dan 21-14. Skor menjadi 2-0 untuk indonesia.
 
Partai ketiga dilanjutkan dengan Ihsan vs Lee Zia Ji. Ihsan yang pernah menjadi pahlawan di Sea Games Singapura 2015, membuat Ihsan diunggulkan untuk menang. Hal ini juga, memberikan tekanan kepada Lee Zii Jia lebih besar dikarenakan Indonesia unggul 2-0. Selain itu, segudang pengalaman super series membuat Ihsan menjadi semakin mudah untuk membaca permainan Lee Zii Jia. Permainan apik dan disiplin serta smash menyilang dari Ihsan membuat Lee Zii Jia kewalahan dan tidak bisa meladeni permainan Ihsan. Tidak butuh waktu lama, Ihsan menyudahi perlawanan Lee Zii Jia 21-11, 21-11. Sehingga, membuat Indonesia unggul 3-0.  
 
Hasil dari partai ketiga tersebut membuat partai berikut antara Berry/Hardianto vs Sze Fei Goh/Nur Izzuddin dan Firman vs Lim Ci Wing tidak dipertandingkan. Faktornya dikarenakan partai ini tidak akan mengubah hasil, dan Indonesia akan tetap meraih emas meskipun Malaysia menang di dua partai tersisa.
 
Selain bulu tangkis, emas lain juga datang dari cabor tinju yang dipersembahkan oleh Aldoms Sugoro di nomor Flyweight 52kg. In merupakan emas yang ke-17 bagi kontingen Indonesia
 
Hasil ini tentu membuat Indonesia semakin menempel ketat Thailand diperingkat empat klasemen sementara. (dn/fsy)

Recent News

Terhangat

Merchandise

Media Social

Facebook




Twitter

Instagram