Berita Acara Jurnalis PPI MALAYSIA - 12 Juli 2019 88

 

Johor Bahru (10/07) – Hari pertama Simposium Internasional PPI Dunia 2019 yang diadakan di Universiti Teknologi Malaysia (UTM) telah sukses dilaksanakan. Acara yang dimulai pukul 08.30 pagi waktu Malaysia ditandai dengan registrasi sebelum memasukin ruang acara. Para delegasi terlihat sangat antusias untuk memenuhi venue sebelum waktu yang telah dijadwalkan. Acara hari pertama dimulai dengan pembukaan acara oleh MC, disusul menanyikan lagu kebangsaan Malaysia, Negaraku, dan lagu kebangsaan Indonesia, Indonesia Raya. Doa pembuka sebelum memulai acara juga masuk kedalam susunan acara agar Simposium tahun ini dapat berjalan dengan baik untuk empat hari kedepan. Setelah pembacaan doa, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Umum PPI Malaysia, Ammar Naufal, Koordinator PPI Dunia 2018/2019, Fadjar Mulya, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur, Bapak Mokhamad Farid Ma’ruf, Ph.D dan Naib Canselor Universiti Teknologi Malaysia, Prof. Datuk. Ir. Dr. Wahid Omar. Acara ini resmi dibuka dengan pemukulan gong dan sesi foto Bersama tamu VVIP dan VIP.

 

Iringan suara merdu dari paduan suara FORTISSIMO PPI UUM juga turut mengisi acara Simposium hari pertama. Acara dilanjutkan oleh pembicara kunci dengan tema Simposium Internasional PPI Dunia tahun ini “Inovasi berkelanjutan sebagai Sumbangsih Pemuda Indonesia untuk Kemandirian Bangsa” yang dibawakan oleh Prof. Dr. Ismunandar selaku Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan penyerahan cinderamata kepada pembicara kunci.

Agenda dibagi menjadi 2 panel. Panel A dimulai dengan penampilan musik siswa-siswi dari Sekolah Indonesia Johor Bahru (SIJB) dilanjutkan oleh Prof. Dr. Hadi Nur selaku Direktur dari Centre for Sustainable Nanomaterials Ibnu Sina Institute for Scientific and Industrial Research dan Prof. Dr. Erry Yulian Triblas Adesta selaku Chair of Agile; Sustainable Manufacturing Research Unit IIUM dengan membawa tema “Peran Pendidikan & Riset terhadap Inovasi berkelanjutan di Indonesia”.

Panel B dimulai dengan penampilan tari tradisional dari siswa-siswi SIJB serta dilanjutkan oleh Pembicara Kunci, Guntur Subagja Mahardika selaku Ketua bidang Ekonomi & Syari’ah dengan Pemerintah serta Lembaga Indonesia Halal Lifestyle Centre, Ahmad Kusna Permana, CEO Bank Muamalat Indonesia, Viviantie Sarjuni, Program Manager of MaGIC Academy dengan mengangkat tema “Peran Industri kreatif & Pariwisata terhadap Inovasi berkelanjutan di Indonesia”.

Pada sesi sore, Pembicara Kunci juga mengisi panel C dan D. Panel C bertemakan “Peran Pemerintah Daerah terhadap Inovasi berkelanjutan di Indonesia” dibawakan oleh Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, SPsi, M.Sc selaku Gubernur Sumatera Barat ke-10 serta Panel D, bertema “Peran Teknologi & Energi terhadap inovasi berkelanjutan di Indonesia” dibawakan oleh Dr. Ir. Heru Dewanto, M.Eng (Sc), IPU, selaku Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) dan Salman Subakat, Chief Marketing Officer PT Paragon Technology and Innovation.

Agenda terus berlanjut hingga malam hari yang diisi dengan Alumni Night dengan pengenalan sejarah PPI Dunia, sharing session, sesi tanya jawab dan ditutup oleh MC dan foto Bersama. Hari pertama ditutup dengan sesi foto bersama. Delegasi maupun tamu VIP dan VVIP mengucapkan jargon Simposium internasional “Suksesnya kita, suksesnya Indonesia” untuk mengakhiri rentetan acara Simposium hari pertama.