Berita Acara Nur Fauzi Buciyasi - 29 April 2018 360

Kuala Lumpur , (28/04/17) -- Atase Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia bekerja sama dengan Persatuan Pelajar Indonesia Malaysia serta Kedutaan Besar Republik Indonesia di Malaysia, mengadakan lomba pidato dan bercerita Bahasa Indonesia yang dinamai BIPA untuk Warga Negara Asing. Acara ini berlangsung dari 14 April sampai dengan 06 Mei 2018, dengan dibukanya pendaftaran pada tanggal 08 April 2018.

Tahap semi final BIPA 2018 yang diadakan di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur ini diikuti oleh 23 peserta Warga Negara Asing yang di antaranya berasal dari Thailand, Cina, dan Malaysia.Acara dibuka dengan adanya sambutan dari Bapak Alwi, selaku ketua panitia dan dilanjutkan peresmian acara BIPA tahun 2018 oleh Professor Ari Purbayanto selaku Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Bapak Agung Badrul Jamal selaku Kordinator Fungsi Penerangan Sosial Budaya, dan Ketua Umum PPI Malaysia Doni Ropawandi. Peresmian dibukanya BIPA 2018 dengan memberikan simbolis kepada kedua peserta yang berasal dari Cina dan Thailand.

Lomba ini dibagi menjadi dua kategori. Kategori pertama kemahiran berpidato Bahasa Indonesia dan kategori kedua bercerita dongeng dalam Bahasa Indonesia. Peserta yang cukup jauh datang ke lokasi semifinal dibolehkan menggunakan video. Setelah lomba selesai, para peserta disuguhkan dengan film karya Indonesia yaitu Dilan pada waktu makan siang sambil
menunggu keputusan dewan juri. 

Pengumuman peserta yang lolos ke babak final dilakukan oleh Bapak Erwin selaku wakil ketua acara BIPA 2018, yang mendapatkan total 10 peserta melaju ke final. Masing-masing 5 orang untuk kategori pidato dan 5 orang untuk kategori bercerita. Acara ditutup dengan ucapan terima kasih dan apresiasi atas antusiasme dari peserta BIPA tahun 2018 oleh Bapak Alwi dan dilanjutkan oleh sesi foto bersama.

Nur Fauzi Buciyasi
Editor: Lintang Pertiwi

Publikasi: Bella Chintya Neyfa

Terhangat

Media Social

Facebook




Twitter

Instagram