Berita Acara Ahmad Naufal Aisyi - 09 Januari 2019 298

 

Kuala Lumpur (09/01) - Rabu, 9 Januari 2019 pukul 17:50 waktu setempat, Jabatan Meteorologi Malaysia melalui laman webnya merilis bahwa Provinsi bagian utara Malaysia seperti Kedah (Kulim dan Bandar Baharu), Penang, Perak, dan Pahang (Tanah Tinggi Cameron, Lipis, Raub, Bentong, Temerloh, Bera dan Rompin) diperkirakan akan bergemuruh yang disebabkan oleh badai petir, hujan deras dan angin kencang.
 
Prakiraan cuaca ini juga akan mencakup beberapa area di Selangor, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Putrajaya, Negeri Sembilan, Melaka, Johor (Tangkak, Segamat, Muar, Batu Pahat, Kluang dan Pontian) hingga Sarawak (Serian, Samarahan, Sri Aman, Betong, Sarikei, Sibu, Miri, dan Marudi). Situasi ini diprediksi dapat menyebabkan angin kuat disertai petir yang akan terjadi sampai pukul 21:00 malam, hari ini.
 
Menurut Jabatan Meteorologi Malaysia, peringatan dapat dikeluarkan ketika tanda-tanda yang menunjukkan badai dengan intensitas curah hujan melebihi 20 mm / jam yang hampir atau diperkirakan lebih dari satu jam dan peringatan jangka pendek yang valid dalam periode tidak lebih dari enam jam untuk satu kejadian.
 
Seperti yang kita ketahui, badai petir adalah peristiwa cuaca yang terkait dengan keberadaan petir dan kilat sebagai hasil dari pembentukan awan Kumulonimbus. Badai petir biasanya disertai angin kencang dan hujan lebat dalam waktu singkat yang dapat menyebabkan banjir bandang. Dalam kondisi ekstrem, badai juga menghasilkan hujan es dan tornado.
 
Untuk mengetahui keadaan cuaca yang akurat dan lebih lanjut, masyarakat dihimbau untuk selalu melakukan pengecekan cuaca terkini dalam aplikasi MyCuaca, laman web, dan media sosial Jabatan Meteorologi Malaysia.