Berita Acara Ahmad Naufal Aisyi - 23 Februari 2019 357




Kuala Lumpur (22/02) Perhimpunan Pelajar Indonesia Malaysia (PPIM) menyelenggarakan acara pelantikan bagi pengurus baru periode 2018/2019 pada hari Jum’at, waktu setempat. Acara ini diadakan di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur dengan mengusung tema “Kolaborasi dan Inovasi Pemuda Untuk Indonesia”.

Acara pelantikan kepengurusan baru PPI Malaysia dihadiri oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur, Mokhammad Farid Ma`ruf,Ph.D, Koordinator PPI Dunia 2018/2019, Fadjar Mulya, Chief Human Capital Officer PT Bank Muamalat Indonesia Tbk, Riksa Prakoso, Head of Learning and Talent Management PT Bank Muamalat Indonesia Tbk, Anton Hendrianto, Ketua Panitia Pemilihan Umum Luar Negeri Kuala Lumpur, Agung Cahaya Sumirat serta Ketua Pengawas Pemilihan Umum Kuala Lumpur, Yaza Azzahra.

Persatuan Pelajar Indonesia Malaysia periode ini diketuai oleh Sdr. Muhammad Ammar Naufal dengan total pengurus sebanyak 116 yang dibagi menjadi sembilan departemen. Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Saudari Nadiah Nur Fadhlillah, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” oleh seluruh tamu undangan dan peserta yang hadir.
Acara selanjutnya adalah sambutan yang diberikan oleh Koordinator PPI Dunia 2018/2019, Sdr. Fadjar Mulya. Dalam sambutannya, ia memiliki harapan bahwa Indonesia emas 2045 dapat diwujudkan secara nyata, salah satunya diawali dengan menjadi diaspora yang dapat berkontribusi bagi Indonesia. Bapak Mokhammad Farid Ma’ruf,Ph.D selaku Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur juga turut memberikan sambutan bahwa PPI diharapkan dapat menjadi organisasi yang dapat berkontribusi dalam pencerdasan bangsa dengan pemikiran-pemikiran yang lebih berfokus pada hal-hal yang nyata bagi permasalahan dan inovasi yang ada.

Tepat pukul 11.00 waktu setempat, Saudara Ammar selaku Ketua PPI Malaysia membacakan surat keputusan pengesahan kepengurusan PPI Malaysia, dilanjutkan dengan pengucapan janji yang diikuti oleh seluruh pengurus terpilih PPI Malaysia. Hal tersebut menandakan telah resmi dilantiknya kepengurusan PPI Malaysia periode 2018/2019.

Kemudian, acara selanjutnya adalah sambutan dari Chief Human Capital Officer PT Bank Muamalat Indonesia, Anton Hendrianto, dilanjutkan dengan penandatanganan MoA antara PT Bank Muamalat Indonesia dengan PPI Dunia dan PPI Malaysia. Terdapat kata sambutan dari Ketua Panitia Pemilihan Umum Luar Negeri Kuala Lumpur dan Ketua Pengawas Pemilihan Umum Kuala Lumpur.
Sebelum menyelesaikan rangkaian kegiatan pelantikan, acara ditutup dengan pembacaan do’a oleh Sdr. Afief El Ashfahany.
Acara selanjutkan dilanjutkan pada pukul 15.00 selepas ibadah sholat Jum’at. Kegiatan itu sendiri ialah musyawarah kerja dan penjabaran program kerja selama satu periode bagi setiap departemen. Musyawarah tersebut dibuka dengan sambutan oleh Ketua PPI Malaysia 2018/2019, Muhammad Ammar Naufal. Ia menuturkan bahwa dengan kolaborasi, kebersamaan, dan profesionalitas, diharapkan semua dapat bersama-sama maju. Musyawarah program kerja dilakukan sampai pukul 19.00, yang dilanjutkan dengan ramah tamah dan persiapan keberangkatan menuju lokasi Latihan Pengembangan dan Pengurus di Kuala Kubu Baru.