Berita Acara - 16 November 2017 207

Gombak (13/11) - Tongkat estafet kepengurusan Persatuan Pelajar Indonesia – International Islamic University Malayasia (PPI-IIUM) telah berpindah dengan dilantiknya pengurus baru periode: 2017/2018 dibawah kepemimpinan saudara Rif’at Abdillah. Acara yang diadakan di gedung ADM LT.1 IIUM pada jam 8 malam tersebut, dihadiri oleh dosen dan juga mahasiswa-mahasiswa Indonesia dari berbagai fakultas.

Dalam pelantikan tersebut, semua pengurus baru datang lebih awal dari waktu yang ditentukan. Para pengurus kemudian mengadakan gladi resik sebelum acara dimulai. Terlihat persiapan Rif’at dan kawan-kawan sangat baik. Hal ini dilakukan agar acara pelantikan ini dapat dimulai dengan tepat waktu sesuai janji Rif’at untuk memulai acara-acara PPI-IIUM sesuai waktu yang tertera di pengumuman dan berjalan secara optimal.

Pelantikan dibuka oleh Saddam Hussein sebagai pembawa acara dengan pantun yang indah. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran tentang pentingnya menjaga amanah dan diteruskan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Sebelum beranjak ke acara inti pelantikan, salah satu dari penasihat PPI-IIUM, Prof. Dr. Erry Yulian Triblas Adesta memberikan sambutan. Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Teknik IIUM ini menyampaikan tentang aplikasi input-process-output (IPO) model pada kehidupan. Penerapan IPO model dapat membantu menciptakan organisasi yang kuat, karena organisasi dapat mengukur dampak dan pengaruh dari setiap output organisasi tersebut. Adakah dampak tersebut terasa dalam jangka panjang atau pendek. Beliau menyarankan, agar para pengurus mencoba untuk membuat rancangan strategis jangka panjang. Lalu memecahnya menjadi rancangan-rancangan yang lebih kecil. Setelah itu, efektifitas dampak dari setiap rancangan tersebut diukur, sehingga nantinya bisa di implementasikan ke wadah yang lebih besar yaitu Indonesia.

Selain itu, Prof. Erry juga mengingatkan tentang pentingnya sebuah organisasi memiliki fokus dan arah yang jelas ibarat vektor yang mempunyai besaran dan arah.  Resultan vektor akan terarah ke sebuah kuadran jika besaran dan arahnya seimbang dan jelas. Selain itu, beliau menambahkan juga, agar selalu fokus dengan solusi dan tidak melulu mencari alasan. Pencarian solusi-solusi dapat dibantu dengan selalu mencoba melihat dari berbagai sisi, agar mendapatkan perspektif yang lengkap.

Seusai sambutan dari Prof. Erry, setiap pengurus baru dipanggil satu-persatu untuk maju ke panggung. Setelah semua pengurus berada di panggung, mereka ditanyakan kesiapannya oleh Prof Erry untuk mengemban amanah dan bersama-sama membacakan ikrar yang dipimpin oleh Rifat, sebagai Ketua Umum PPI-IIUM 2017/2018.

Setelah para pengurus periode 2017/2018 diresmikan, acara dilanjutkan dengan sambutan dari ketua PPI-IIUM periode sebelumnya yaitu Ardhi Mulya Prakosa. Ardhi menyampaikan agar pengurus dapat mengayomi warga Indonesia di IIUM dengan baik. Selain itu, pengurus harus mempunyai hal yang dianggap berharga dalam organisasi dimana karena hal tersebut para pengurus dapat terus termotivasi untuk berkontribusi.

Sebelum acara ditutup, Rif’at juga berkesempatan untuk memberikan sambutan. Ia menyampaikan agar para pengurus selalu mempunyai semangat dan berinovasi dalam satu kepengurusan kedepan. Salah satu manfaatnya adalah setiap pengurus akan mempunyai cerita yang bisa diceritakan di masa depan. Dimana cerita tersebut adalah sejarah kehidupan yang hanya dapat diukir oleh setiap individu pengurus itu sendiri. Ada dua pilihan dari sejarah tersebut yaitu sejarah baik atau sejarah buruk. Sejarah baik diukir diantaranya dengan rasa tanggung jawab dan gotong royong dalam menjalankan amanah. Walaupun amanah tidak bisa dilihat, tapi efeknya dapat dirasakan. Jika dijalankan dengan baik, maka kebaikan yang akan didapat. Dan jika tidak dijalankan dengan baik, maka hasil yang didapat sesuai dengan apa yang dikerjakan. (fasya)

Recent News

Terhangat

Merchandise

Media Social

Facebook




Twitter

Instagram