Berita Acara Nur Fauzi Buciyasi - 05 November 2018 111

Kuala Lumpur, (5/10) — Leadership Camp 2018 sukses diselenggarakan dengan lancar dan meriah oleh tim panitia PPIM yang berkolaborasi dengan PPI UM. Bertempat di University of Malaya, Kuala Lumpur, Malaysia, acara tersebut berhasil mendatangkan mahasiswa Indonesia yang berada di seluruh Malaysia. Selain itu, terdapat mahasiswa universitas di Indonesia yang hadir untuk mengikuti Leadership Camp tersebut. Acara ini berlangsung selama 3 hari, dimulai dari tanggal 2 hingga 4 November 2018.

Mengusung tema “Leading Together, Leading Forward”, mengajak mahasiswa untuk siap menghadapi permasalahan yang ada di Indonesia. Selain itu pelatihan ini juga bertujuan menjadikan mahasiswa menjadi pemimpin muda Indonesia di masa depan dengan segala bidang keahliannya. Kegiatan LC diadakan setiap tahunnya oleh PPI se-Malaysia, dengan tempat penyelenggaraan di berbagai Universitas yang terdapat di Malaysia.

Selama 3 hari kegiatan, acara dilakukan dengan seminar, pentas seni, dan berbagai permainan outbound. Tujuannya untuk mengasah kemampuan peserta dalam bekerja sama, berkomunikasi, serta memimpin sebuah tim. Selain itu, acara ini juga menghadirkan pembicara yang berkompeten di bidangnya masing - masing. Di antaranya, Sudirman Said, selaku Menteri ESDM 2014-2015, DRS. Soleman Yusuf, M.M sebagai Direktur Program dan Produksi LPP Radio RI, dan terakhir perwakilan dari Koordinator PPI-Dunia yaitu Intan Irani P.S.

Ketiga pembicara tersebut, membawakan materi yang bertemakan ‘Peranan Millennial sebagai pengurus Bangsa’. Selain itu, Media dan Diaspora juga berperan penting untuk kemajuan bangsa Indonesia kedepannya. Selama 3 hari, peserta berhasil mendapatkan pengalaman serta kemampuan untuk menjadi pemimpin di masa depan dengan keahliannya yang dimiliki.

Nancy Valentina, selaku Project Manager dari program LC 2018 mengatakan, “Acara ini di luar ekspektasi. Sebab, ada dari universitas di luar Malaysia yang juga ikut hadir dan jumlahnya tidak sedikit”. Beliau juga menambahkan bahwa para peserta yang hadir sangat menyukai program LC ini. Terlebih untuk mahasiswa yang berada di Indonesia, mereka membandingkan dengan LC yang pernah didatangin sebelumnya di Indonesia. Menurut mereka, acara ini terbaik dan memiliki ilmu yang dibagikan tentang kepemimpinan sangat baik. Selain itu, konten acara yang dibawakan berbeda dari biasanya.

Pesan dari Nancy, semoga acara ini terus berlangsung untuk menambah rasa percaya diri Mahasiswa Indonesia di Malaysia. Semoga pelajar Indonesia baik yang berada di Malaysia, Indonesia, ataupun negara lainnya, kelak menjadi pemimpin yang bergaya anak muda untuk memajukan wilayahnya masing-masing dengan keahliannya. (Buci/Tirza)

Terhangat

Media Social

Facebook




Twitter

Instagram