Berita Acara Axel Rizkiyana & Nasyatul Qulsum Zulianto - 03 April 2019 338

Kuala Lumpur (3/4) - Acara tahunan yang diselenggarakan oleh Persatuan Pelaajar Indonesia di UKM telah sukses dijalankan selama 4 hari, yang dimulai dari Hari Kamis (28/3) hingga Minggu (31/3). Garuda Cup merupakan wadah untuk pelajar Indonesia yang sedang belajar di Malaysia agar dapat menyalurkan minat dan bakatnya dalam bidang olahraga. Beberapa Universitas negeri dan swasta di Malaysia turut berpartisipasi dalam kegiatan ini demi terciptanya silaturahmi dan persaingan yang sportif antar Pelajar Indonesia di Malaysia.

Bertempat di Universitas Kebangsaan Malaysia, Bangi, acara ini dimulai dengan pembukaan yang bertempat di Pusat Siswazah UKM pada Kamis malam. Acara diawali dengan pertujukan tari tradisional yang diikuti oleh perwakilan dari beberapa universitas dan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Acara pembukaan ini juga dihadiri oleh beberapa tamu penting, yaitu Haekal Amarullah selaku Perwakilan dari PPI Malaysia, Andi Muhammad Lutfi Nugraha selaku Ketua PPI UKM 16/17, Haekal Mozzia Putra selaku Ketua PPI UKM 17/18, Muhammad Ilham Hamdi selaku Ketua PPI UKM 18/19, serta ketua Garuda Cup X, Atha Zhafran, yang sekaligus meresmikan acara ini pada malam pembukaan. Kegiatan diakhiri dengan technical meeting, dimana semua perwakilan yang akan bertanding nantinya berkumpul untuk mengetahui teknis, jadwal, dan peraturan pertandingan.

Garuda Cup yang ke-10 ini menghadirkan 4 cabang olahraga yang dapat diikuti, terdapat Sepakbola, Bola Basket, Badminton dan esport. Babak penyisihan dimulai dari hari Jumat hingga Sabtu, sementara hari Minggu untuk babak semifinal dan final. Setelah semua peserta mengeluarkan bakat terbaiknya, lahirlah peserta terbaik dari yang terbaik. Dalam kegiatan ini, IIUM (International Islamic University Malaysia) lahir sebagai Juara Umum. Dari cabang olahraga bola basket, Sunway University menjadi juara setelah mengalahkan Limkokwing. Tidak kalah menarik, babak final cabang olahraga sepakbola yang diselenggarakan di Stadium Bangi UKM, IIUM keluar sebagai pemenang setelah mengalahkan UUM dengan skor tipis 1-0. Sementara dari cabang olahraga badminton, dalam kategori tunggal putra dan putri, Rifqi Muhammad Farhan (UPM) dan Janita Tan (APU) berhasil mengalahkan semua lawannya. Dalam kategori ganda putra, Perwakilan atlit dari tuan rumah Garuda Cup sendiri, yakni Achmad Levi dan Ibdal (UKM) sukses menjadi juara diikuti oleh kategori ganda putri yaitu Janita Tan & Novita Warian (APU) yang juga menoreh hasil serupa.

Dalam cabang olahraga esport, Pelajar SIKL (Sekolah Indonesia Kuala Lumpur) menjuarai game Mobile Legend setelah mengalahkan wakil-wakil dari UPM dan di game konsol FIFA, Naufal Fadhil sukses mengahrumkan Limkokwing setelah mengalahkan Ridi dari APU. Setelah semua kegiatan selesai, acara pamungkas yang bertempat di Dewan Anuar Mahmud UKM ditutup oleh sambutan akhir oleh ketua pelaksana, pembagian hadiah kepada pemenang serta pertunjukan spektakuler yang dibawakan oleh Hot Mess band yang berasal dari UUM (Universiti Utara Malaysia).

Semoga Garuda Cup ini dapat berjalan terus menerus tiap tahunnya demi terjaganya silaturahmi antar Pelajar Indonesia.

Terhangat