Berita Acara Jurnalis PPI MALAYSIA - 13 Juli 2019 246

 

 

Johor Bahru (12/07) – Hari ke-3 pelaksanaan Simposium Internasional kali ini berlangsung di Dewan Kuliah N24 UTM. Acara diisi dengan salah satu agenda yaitu presentasi Indonesia Policy Outlook oleh Bapak Satya Widya Yudha selaku Wakil Ketua Komisi I DPR RI. Komisi ini bertugas untuk mengawasi permasalahan di sektor pertahanan, luar negeri, komunikasi dan informatika serta intelijen. Dalam pembahasan ini, beliau juga menuturkan prospek kebijakan indonesia di tahun-tahun yang akan datang, seperti sektor ekonomi, politik, ketahanan pangan dan sekaligus militer.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan Sidang Komisi PPI Dunia yang dibagi menjadi lima kategori. Kategori yang pertama adalah sidang komisi Pendidikan, Kesehatan, Energi, dan Sosial Budaya. Sidang Komisi diikuti oleh seluruh peserta delegasi dan membahas peran tiap-tiap komisi. Hasil pembahasan sidang komisi tersebut akan teruskan pada pihak-pihak terkait, seperti pemerintah dan Lembaga atau instansi yang terkait.

Tidak hanya itu, didalam rentetan agenda acara hari ke-3 Simposium Internasional PPI Dunia tahun ini juga mengadakan sesi sharing seputar beasiswa ke luar negeri oleh Rachmad Adi Riyanto, S.TP, M.Sc, Alumni LPDP di University of Leeds, Inggris. Ia menuturkan dalam presentasinya, walaupun beasiswa LPDP dari pemerintah Indonesia ini sangat mensejahterakan mahasiswa, tetapi masih banyak kesempatan beasiswa lain yang bisa dicoba oleh mahasiswa Indonesia seperti dari pemerintah negara lain, kampus, instansi, dan untuk professor, dan jalur-jalur beasiswa lainnya.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan sidang Pleno untuk hasil sidang Komisi serta serah terima jabatan dari Koordinator PPI Dunia 2018/2019, Fadjar Mulya, ke Koordinator PPI Dunia 2019/2020, Fadlan Muzakki. Acara dilanjutkan kembali pada pukul 20.00 waktu Malaysia. Acara yang bertempat di Dewan Sultan Iskandar ini mengadakan Cultural Night Dinner yang menampilkan pentas kesenian dari Indonesia, seperti tari tradisional, pencak silat dan sebagainya. Persembahan angklung dari IIUM, Teater dari mahasiswa Indonesia di Malaysia, tari Saman, tari Kipas dari PPI UUM juga turut mengisi kemeriahan acara yang berlangsung malam hari. Sebelum acara dimulai, acara dimulai dengan sambutan dari Ketua Pelaksana Simposium Internasional PPI Dunia, Roy Suwanto dan Prof. Dr. Nor Haniza Sarmin selaku Associate Director of Student Services and Global Education Experiences UTM.

Acara juga menyebutkan PPI Dunia Award sebagai bentuk apresiasi bagi anggota-anggota PPI Negara yang aktif dalam bidangnya. Untuk hal ini, PPI Malaysia berhasil menjadi PPI ter Kontributif dan PPI Lebanon sebagai PPI Negara terbaik dengan kategori program Sosial dan Budaya.