MENGEJAR BEASISWA & STUDI DI MALAYSIA

Tingginya minat pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studinya ke Malaysia dikarenakan negara ini termasuk salah satu negara dengan kualitas pendidikan yang baik, selain itu juga banyaknya beasiswa yang ditawarkan agar dapat mengenyam pendidikan di negara Jiran ini.

Berikut merupakan beberapa informasi mengenai beasiswa yang ditawarkan kepada pelajar Indonesia yang telah diriset oleh Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Malaysia.

 

  1. HOTCOURSES INTERNATIONAL

Hotcourses International adalah bagian dari IDP Connect. Situs ini merupakan salah satu situs terlengkap di dunia dengan lebih dari 350,000 program di 78 negara untuk mencari dan membandingkan program serta biaya kuliah. Hotcourses Abroad berisikan daftar semua program gelar yang tersedia saat ini. Melalui fitur Ultimate Search, mahasiswa dapat menemukan informasi lengkap suatu program kuliah serta melihat apakah nilai dan skor IELTS anda telah memenuhi syarat yang ditetapkan oleh universitas. Situs ini juga memberikan kumpulan artikel dan video memandu mahasiswa di setiap tahapan, mulai dari perjalanan kuliah ke luar negeri, informasi, cara mendaftar, cara mendapatkan visa, hingga kesempatan karir setelah lulus.

Untuk di Malaysia, beasiswa ini tersebar di kampus-kampus besar, seperti Universiti Tuanku Abdul Rahman (UTAR), University of Malaya (UM), Universiti Teknologi Malaysia (UTM), Universiti Utara Malaysia (UUM), Universiti Sains Malaysia (USM) dan masih banyak lagi.

Untuk info selengkapnya bisa kunjungi website:

https://www.hotcourses.co.id/

  1. BEASISWA SYARIAH ISRA DI MALAYSIA

International Shari’ah Research Academy for Islamic Finance atau disebut ISRA adalah salah satu beasiswa syariah yang ada di Malaysia. Lembaga ini mengundang siswa yang berprestasi dan aktif di bidang ko-kurikulum untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi di dalam maupun di luar negeri. Beasiswa ini ditawarkan kepada siswa atau pelamar yang memiliki minat pada perbankan syariah.

Untuk program pascasarja, IPK minimal yang dibutuhkan adalah 3.50 atau setara dan untuk sarjana, IPK minimal yang diperlukan adalah 3.30 atau setara. Pelamar yang mengikuti beasiswa ini tidak terikat dengan instansi lain.

Untuk info selengkapnya bisa kunjungi website:

https://www.beasiswapascasarjana.com/2013/07/raih-beasiswa-syariah-dari-isra-di.html

  1. KPMG ASEAN SCHOLARSHIP

Diluncurkan sekitar tahun 2015, beasiswa ini hanya diperuntukan bagi pelajar yang berkewarganegaraan negara yang tergabung di ASEAN. Tawaran beasiswa yang disediakan KPMG cukup menarik, salah satunya adalah bantuan dana kuliah sebesar Rp 45 juta per tahun yang akan diberikan selama tiga tahun berturut-turut. Para penerima beasiswa KPMG ASEAN juga berkesempatan mengikuti kegiatan pertukaran magang di luar negeri jika dinilai layak dan akan diberikan tunjangan untuk program tersebut. Selain itu, Anda juga dapat berkesempatan langsung bekerja pada KPMG setelah masa studi berakhir.

Persyaratan untuk beasiswa ini harus memiliki nilai UN rata-rata 8,5 untuk tiap mata pelajaran dan nilai Bahasa inggris minimum 8,5 dan untuk pascasarjana, IPK sekurangnya 3.5 pada skala 4.0.

Untuk info selengkapnya bisa kunjungi website:

https://www.beasiswapascasarjana.com/2016/03/beasiswa-kpmg-asean-untuk-mahasiswa-s1.html

  1. BEASISWA S1 UNTUK TAMATAN MAN/MAS DI LUAR NEGERI

Beasiswa ini ditujukan bagi siswa lulusan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) atau Madrasah Aliyah Swasta (MAS) yang berminat kuliah S1 di luar negeri. Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Madrasah memberikan Beasiswa biaya hidup untuk melanjutkan studi jenjang S1 di universitas luar negeri yang telah terakreditasi. Beasiswa biaya hidup Kemenag ini terbuka untuk studi di Universitas yang ada di Asia, Amerika, Eropa, dan Timur Tengah.

Persyaratan untuk beasiswa ini harus Warga Negara Indonesia (WNI), Siswa MAN/MAS yang telah terakreditasi lulus pada tahun 2016/2017 atau 2017/2018.

Untuk info selengkapnya bisa kunjungi website:

https://www.beasiswapascasarjana.com/2016/04/beasiswa-s1-untuk-tamatan-manmas-di.html

  1. LEMBAGA PENGELOLA DANA PENDIDIKAN (LPDP)

Sebagai salah satu beasiswa penuh yang menjadi banyak incaran pemburu beasiswa di Indonesia, LPDP merupakan salah satu beasiswa yang bisa gunakan untuk kuliah di Malaysia. Namun, LPDP tidak diperuntukan untuk mahasiswa yang sedang dalam masa studi dan hanya dikhususkan bagi mahasiswa tingkatan S2 dan S3 saja. Selain itu, beasiswa ini hanya terdapat di dua kampus besar di Malaysia, yaitu Universiti of Malaya (UM) dan Universiti Sains Malaysia (USM).

Untuk mendapatkan beasiswa ini Anda harus bersaing ketat dengan pesaing lainnya dan harus menunggu setidaknya setahun setelah anda diterima sebagai Awardee LPDP. Persyaratan yang harus di penuhi juga adalah memiliki TOEFL minimal 550 atau IELTS 6.0 dengan pengecualian kategori afirmasi.

Untuk info selengkapnya bisa kunjungi website:

https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/

  1. MALAYSIAN INTERNATIONAL SCHOLARSHIP (MIS)

Malaysian International Scholarship merupakan program beasiswa internasional yang ditawarkan oleh pemerintah Malaysia untuk para pelajar dari luar Malaysia. Jenjang yang ditawarkan cukup beragam, mulai dari beasiswa tingkat S2, S3, maupun tingkat postdoctoral.

Universitas pilihan untuk mendapatkan beasiswa ini juga banyak. Terdapat kurang lebih 24 universitas dapat menjadi pilihan bagi Anda untuk menuntut ilmu di Malaysia. Mengenai syarat yang harus terpenuhi, Anda setidaknya memiiki IPK 3.5 dari skala 4.00 dan TOEFL 580 / IELTS 6.5 untuk mendaftar beasiswa MIS ini

Untuk info selengkapnya bisa kunjungi website:

https://biasiswa.mohe.gov.my 

  1. THE ANCORA KHAZANAH ASIA SCHOLARSHIP PROGRAM

Beasiswa ini merupakan beasiswa S1 di Malaysia yang ditawarkan untuk siswa – siswi SMA dari Indonesia. Target jurusannya ialah beberapa universitas ternama di Malaysia. Ancora Foundation dan Yayasan Khazanah merupakan Yayasan yang memiliki komitmen-komitmen yang cukup besar untuk memberikan beasiswa pada siswa – siswi dari Indonesia.

Persyaratannya cukup mudah, calon pelamar diharuskan memiliki nilai UN minimal 8.5 dari skala 10 dan bersedia mengikuti seluruh rangkaian proses seleksi yang disyaratkan oleh Ancora Foundation dan Yayasan Khazanah. Untuk mengikuti seleksinya, usia maksimal yang diizinkan ialah 18 tahun.

Untuk info selengkapnya bisa kunjungi website:

https://ancorafoundation.com 

  1. BEASISWA PASCASARJANA DARI SEARCA

The Southeast Asian Regional Center for Graduate Study and Research in Agriculture (SEARCA) juga membuka kesempatan untuk para pelamar beasiswa yang ingin melamar beasiswa untuk tingkat S2 dan S3. Untuk persyaratan yang wajib dipenuhi, Anda perlu  memberikan surat lamaran kepada universitas yang dituju, lengkap dengan salinan surat permohonan untuk beasiswa SEARCA.

Selain itu, skor IELTS minimal 6.0. Proses penyaringan akan disaring oleh Kementerian Kebudayaan, kemudian dilanjutkan ke tahap penyaringan selanjutnya.

Untuk info selengkapnya bisa kunjungi website:

https://www.searca.org

  1. BEASISWA UNGGULAN KEMENDIKBUD

Sama seperti beasiswa LPDP, beasiswa unggulan Kemendikbud ini juga berasal dari negara Indonesia. Akan tetapi, yang menjadi pembedanya ialah beasiswa ini bisa diajukan oleh mahasiswa yang masih dalam masa studi di Malaysia. Selain itu, yang menjadi perbedaan dari LPDP adalah banyak kampus yang boleh kita masuki dan tidak ada batasan kampus seperti beasiswa LPDP.

Beasiswa ini juga termasuk beasiswa penuh yang diberikan kepada penerima yang telah lulus dalam serangkaian test yang telah dilakukan. Selain itu, harus diingat juga, setidaknya Anda memiliki TOEFL minimal 550 atau IELTS 6.0 dan IPK 3.00.

Untuk info selengkapnya bisa kunjungi website:

https://beasiswaunggulan.kemendikbud.go.id 

Oleh: Salshabila Hany Reindra & Hilman Ali Hazmi (Divisi Pendidikan PPIM 2018/2019)

Editor: Nasyatul Qulsum Zulianto

Terhangat